INILAH PENYEBAB FLU MUDAH MENYERANG PADA KELINCI

Flu, Pilek, Influensa bisa terjadi pada kelinci baik yang masih anakan maupun yang sudah dwasa/indukan



Penyebabnya adalah virus influensa dimana jika kondisi tubuh si kelinci kurang prima, maka flu/pilek ini akan mudah menyerang. Flu/Pilek, biasa ditandai dengan keluarnya cairan dari hidung kelinci (hidung selalu tampak basah), seringnya bersin pada kelinci. Perlu dibedakan ya..kalau yang basah pada bagian mulut, maka itu bukan karena Flu/Pilek tetapi itu akibat gangguan pernafasan ( bisa bronchitis, pernafasan akut,CRD)..
Flu/Pilek dapat disembuhkan, dan berdasarkan pengalaman  adalah sebagai berikut :


Baca Juga : Perkembangan Ternak Kelinci Dan Perkembangan Dunia Maya

1. Secara traditional : –  usapkan pada bagian hidung remasan bawang putih, –  minumkan vitamin C atau bisa saja juice buah yang banyak mengandung vit C –  jemur di panas matahari pagi

2. Menggunakan obat kelinci : biasanya saya menggunakan Flumovet F atau enrofloxacin (merk dagang bisa enroten berupa sediaan bubuk atau limoxin berupa injeksi)
Berikut saya cuplikkan shaing tulisan dari Raf’s Bunnies Rabbitry di status FB KHAS
Tadi pagi anakan usia 1 bulan ketahuan kena pilek. Karena masih bercampur dg induk dan saudaranya maka minumannya saya berikan enrofloxacin 0,1 ml : 0,5 Ltr air mnum. Selain itu Saya jg mencampur enrofloxacin 0,1 ml : 0,5 L air minum dan saya taruh di gelas, kmudian saya spet pagi 2×1 ml. Siang 1×1 ml dan sore td 1x 1 ml. Hal tsb saya lakukan ( spet lsg ke anakan ) sbg langkah antisipasi jika Do’i ga mau minum. Malam ini saya cek, pileknya ga keluar kaya td pagi, dah mengering dan nafsu makan cukup stabil ( td pagi smpat ga mau makan rumputnya, siang sudah mau makan rumput, malam ini mau makan rumput dan pelet ). 😉
Silahkan pilih cara mana yang memungkinkan Anda lakukan, dan jangan lupa berdo’a untuk kesembuhan kelinci kesayangan Anda. Salam Kelinci luar Biasa.
sumber : kelinci-wongkito.blogspot.com

Baca Juga : Pengalaman Mengatasi Kelinci Yang Terkena Mencret Dan Diare

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *